Sunday 6 May 2012

Festival Balon Udara Tradisional Wonosobo

Festival Balon Udara Tradisional Wonosobo - sebuah festival penerbangan balon udara yang besar, tetapi menggunakan alat yang masih tradisional. Festival ini biasanya untuk memperingati hari jadi Kabupaten Wonosobo. Festival yang biasanya diselenggarakan bulan Juli ini memang pantas untuk dinikmati.

Balon udara yang diikutkan dalam festival ini bukan balon biasa tapi balon raksasa yang dibuat berukuran dengan diameter 24 meter dan tinggi 14 meter. Disebut tradisional karena balon tidak berbuat dari plastik tetapi hanya dari kertas minyak, dan balon udara ini tidak dinaiki orang.
Untuk membuat balon bisa terbang diperlukan kompor yang produksi asap sedang berproses penerbangan balon sedikitnya diperlukan 10 orang. Setelah asap masuk kedalam ruang dalam balon perlahan - lahan balon terbang ke udara. Tidak semua balon bisa terbang mulus karena beberapa diantaranya pecah di udara, namun kenyataan inilah yang justru menebah meriahnya festival. Dulu dalam festival ini kompor juga ikut diterbangkan, namun sekarang karena banyaknya rumah dan kabel-kabel listrik, maka diganti dengan asap. Jika balon udara ini mulus dalam terbang, maka balon udara ini bisa sampai keluar Wonosobo.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons