Thursday 30 August 2012

Air Terjun Cunca Rami Kabupaten Manggarai Barat


Selain Taman Nasional Komodo, ada juga obyek wisata lain di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang tak kalah unik yakni air terjun Cunca Rami yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara setiap hari. Air terjun Cunca Rami yang tingginya 70 meter terletak di Desa Lamung, Kecamatan Mbeliling. Setiap pemandu lokal mengantar wisatawan ke lokasi air terjun cunca Rami dari Labuan Bajo.
Air terjun Cunca Rami memiliki keunikan tersendiri dimana pada musim kemarau dan hujan, air terjunnya tetap sama mengalir deras. Bahkan, air terjun Cunca Rami memiliki sebuah sungai dibawahnya, dimana wisatawan bisa mandi dengan bantuan pemandu lokal.

Untuk menuju ke air terjun Cunca Rami, wisatawan dari Kota Labuan Bajo dapat menggunakan sepeda motor atau menggunakan kendaraan umum menuju ke Kota Ruteng. Jarak tempuh dari Kota Labuan Bajo menuju Ruteng diperkirakan 1,5 jam dengan menggunakan sepeda motor.

Ada tiga pintu masuk menuju ke air terjun Cunca Rami. Pertama, wisatawan dari Labuan Bajo menuju ke Kampung Cecer melakukan perjalanan atau trekking dengan melintasi kawasan hutan Mbeliling sampai tiba di persawahan sekitar air terjun Cunca Rami. Kedua, wisatawan berjalan kaki dengan mendaki melalui Gua Waelia dengan melintasi kawasan hutan Mbeliling sampai di Kampung Lamung dan jalan menurun menuju ke persawahan di sekitar air terjun Cunca Rami. Ketiga, perjalanan kaki melalui Kampun Waelelos menuju ke Kampung Rangat dan menuruni lembah sampai di persawahan sebelum masuk ke air terjun Cunca Rami.

setiap pagi dan sore sering melihat wisatawan yang berkunjung ke air terjun Cunca Rami. Warga masyarakat setempat sering mengantar turis ke lokasi air terjun tersebut. Bahkan di kampung-kampung sudah dibuat papan petunjuk ke lokasi air terjun Cunca Rami yang dibuat masyarakat agar wisatawan tidak tersesat menuju ke lokasi air terjun Cunca Rami.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons