Friday 17 August 2012

Menikmati Indahnya Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal - merupakan pantai di Gunungkidul, Yogyakarta dengan hamparan pasir putih yang lumayan landai, tidak curam. 

Garis pantai yang landai dan pasir putih yg bersih memanjang di pantai ini sangat memanjakan mata. Belum lagi dinding bukit yg tampak menyerupai bukit yang terpotong, yang berada di belakang pantai ini.

Pantai Pok Tunggal ini memang masih cukup sepi dan bersih. Masih belum banyak yang mengetahuinya.


Pantai Pok Tunggal ini memang baru mulai dikembangkan menjadi obyek wisata oleh warga sekitar beberapa bulan yang lalu. Terlihat dari mulai dibangunnya sarana dan prasarana seperti kamar mandi, warung makan, penitipan kendaraan, dan lain-lain, di pantai ini. 
Letak tepatnya berada sekitar 2 km di sebelah timur Pantai Indrayanti. Pantai Pok Tunggal ini merupakan pantai paling timur di gugusan pantai Gunungkidul bagian tengah.

Untuk mencapai ke Pantai ini sebenarnya tidak sulit. Jika sudah terbiasa ke Pantai Indrayanti, kita bisa mengambil jalan terus ke timur. Selang sekitar 10 menit, kita akan menjumpai Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) bagian timur.

Sekitar 2 km dari TPR ke arah timur maka kita akan menemukan pertigaan ke kanan dengan papan petunjuk kecil menuju Pantai Pok Tunggal.


Kalau kita datang dari arah timur seperti Wediombo, dan Siung, juga bisa. Dari timur, kita harus jalan lurus saat menjumpai pertigaan yang kalau ke kanan menuju Wonosari dan lurus menuju ke Pantai Indrayanti.

Setelah 4 km kita akan menjumpai pertigaan dengan papan petunjuk ke Pantai di sebelah kiri jalan. Belok kiri dan terus saja menyusuri jalan berbatu tersebut, maka kita akan sampai di Pantai Pok Tunggal.

Ketika sampai di pantai ini maka aroma laut langsung terasa karena di beberapa bagian banyak digunakan untuk menjemur rumput laut. Keadaan pantainya masih cukup sunyi. Lebar pantai sekitar 1 km–1,5km dan cukup landai, cukup aman jika digunakan untuk berenang.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons