Sunday 12 August 2012

Pink Beach Nusa Tenggara Timur


Pink Beach - Dalam literatur wisata bahari, ada tujuh pantai berpasir warna pink di dunia, salah satunya di Pulau Komodo. Taman Nasional Komodo (TNK), Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Para wisatawan lokal menyebutnya dengan Pantai Merah. Turis manca negara menyebutnya Pink Beach.
Pink Beach atau yang kerap disebut dengan Pantai Merah menjadi satu destinasi yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Flores. Ini merupakan salah satu tempat favorit di Taman Nasional Komodo yang terkenal di kalangan wisatawan.
Pink Beach, Komodo, NTT, Indonesia
Pantai ini memang indah dan unik. Warna merah berasal dari serpihan batu merah yang kemudian tersebar di sepanjang pantai yang berukuran 300m. Hamparan pantai dengan latar belakang air laut bergradasi biru, perbukitan hijau, langit biru cerah, awan putih bergumpal- gumpal, matahari yang cerah, dan hamparan pasir berwarna pink. Itulah keistimewaan yang dimiliki pantai ini.
Daya tarik berikutnya adalah, di Pink Beach tidak ada bangunan apa-apa dan tidak dihuni satu penduduk pun. Pantainya kosong. Sebuah pantai tak bertuan.Yang ada hutan hijau, tebing, bukit dan hempas halus ombak pantai dengan panorama pink yang menawan.

Bersnorkeling

Para turis lokal juga mengaku, disamping pantainya yang indah dan unik, Pink Beac juga merupakan salah satu tempat wisata bersnorkeling. Hamparan lautnya yang tenang, air lautnya yang jernih, dengan aneka terumbu karang di bawahnya menjadi sorga para pesnorkeling dan pediving.
Pantai Merah berada di sebuah pulau kecil berbatu dengan koleksi batu karang dan aneka ikan penuh warna. Meski memiliki panorama alam indah, sekitar area pantai terbilang kering dan cukup gersang sehingga tak dijumpai penduduk lokal. 
Uniknya dari pantai ini, jika ombak menyapu pasir dan menariknya kembali, maka warna pasir tersebut berubah menjadi pink tua, sangat indah. Butiran pasirnya halus dan lembut, terasa empuk saat berjalan atau berjemur di atasnya.
Kegiatan di sana selain berfoto, bisa berjemur, berenang, atau sekedar duduk menikmati pemandangannya. Selain tidak terlalu ramai dan komersil, aktifitas berenang pun sangat menyenangkan dan menyegarkan mata, karena banyak hard corals dan soft corals yang berwarna-warni dan masih sehat, ditambah lagi banyaknya ikan-ikan hias, seperti clown fish (ikan Nemo),butterfly fish, bat fish dan masih banyak lagi.

Cara mencapai Pink Beach, cukup mudah, dari Bali kita terbang ke Labuan Bajo, lalu menyewaspeedboat atau kapal nelayan dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo. Sebelum sampai ke Pink Beach, biasanya para turis mampir dahulu Taman Nasional Komodo di Loh Liang untuk melihat langsung kehidupan komodo liar.
Bagi penggemar scuba diving, alam bawah laut di Pink Beach luar biasa bagus,  Anda dapat mengikuti dive trip melalui Dive Operator yang ada di Labuan Bajo.

Sebagai catatan, karena di pantai ini tidak ada warung atau restoran, Anda disarankan membawa perbekalan sendiri secukupnya dan jangan lupa untuk mendukung Pulau Komodo sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons