Monday 13 August 2012

Roti Ganjel Rel Khas Semarang

Roti Ganjel Rel - yang berbentuk mirip bantalan rel kereta api, khas Semarang, Jawa Tengah, kian dilupakan masyarakat karena makin sulit ditemui di pasaran lantaran kalah tenar dibanding dengan produk roti masa kini.
ganjel rel

Warga di sekitar Semarang mungkin sudah tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Meski namanya terkesan 'menyeramkan' untuk disantap, namun kue ganjal rel khas Semarang bercitarasa legit dan beraroma kayu manis. Tentu, karena kudapan tersebut diolah dengan bahan-bahan makanan bukan berasal dari besi, beton, atau kayu sebagaimana ganjal rel kereta api.
Kue ganjel rel sebenarnya mirip dengan roti khas Prancis yang juga berbentuk panjang dan bertekstur keras. Namun, ternyata menurut para ahli roti jenis ini sangat baik bagi pencernaan, lantaran justru banyak mengandung serat. Karenanya, roti padat ini pas disantap saat sarapan.
Ganjel rel atau yang biasa disebut kue gambang selalu menjadi rebutan masyarakat Kota Semarang saat perayaan Dugderan. Momen pembagian kue ganjel rel ditengah tradisi menjelang Ramadan menjadi acara yang dinanti warga. Ribuan warga bahkan rela berdesakkan untuk memperoleh kue tersebut, karena dipercaya mampu memperkuat diri ketika menjalankan ibadah puasa. Berikut resep tradisonal kue ganjel rel.

1 comments:

Aushaphysme said...

Tulisan yang bagus,
kebetulan kami adalah pembuat 5000 roti ganjel rel pada acara puncak dugderan semarang.
kini kami mempermudah masyarakat semarang agar bisa membuat roti unik ini dengan Produk Premix Ganjel Rel.
Mari kita jaga Tradisi kita !
jangan lupa kunjungi laman facebook kami ya.... :)
https://www.facebook.com/TokoBahanRotiMasjuki

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons