Monday 23 April 2012

Air Terjun Sri Gethuk Pesona Wisata Gunung Kidul

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Kabupaten Gunungkidul sebagai daerah yang notabene diasumsikan orang – orang  sebagai wilayah kering dan tandus ternyata juga menyimpan keindahan serupa, yakni hijaunya aliran sungai yang membelah ngarai dengan air terjun indah yang tak pernah berhenti mengalir di setiap musim. Air terjun tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Sri Gethuk.


 

Terletak di Desa Wisata Bleberan, Air Terjun Sri Gethuk menjadi salah satu spot wisata yang sayang untuk dilewatkan.Tepatnya di Padukuhan Menggoran.Dari Kota Yogyakarta hanya berjarak kurang lebih sekitar 41 km dan dapat ditempuh melalui Jalan Wonosari, dari pertigaan Gading belok kiri menuju Playen. Lalu carilah jalan yang menuju ke Paliyan, dari situ Sri Gethuk hanya berjarak 1,5 Km. 

 Tempat wisata ini berdekatan dengan lokasi wisata lain, yakni Gua Rancang Kencono. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 80 meter dan berada tepat di tepi Sungai Oyo. Air terjun ini tidak pernah kering, karenanya selalu dapat menjadi objek foto yang menarik.

Sri Gethuk memiliki nama lain Air Terjun Slempret. Keunikan air terjun ini karena bercabang pada dua celah tebing dan muncul dari sela-sela tebing 'karst' yang gersang. Ada tiga sumber mata air yang menyembur di sekitar air terjun Sri Gethuk, yaitu mata air Dung Poh, Ngandong dan Ngumbul yang mempunyai rata-rata debit air 30 sempai dengan 60 liter per detik.

Air terjun ini dinamai Sri Gethuk atau Sri Ketuk karena menurut kepercayaan masyarakat setempat pada masa lalu, sering terdengar suara gamelan, yang diyakini milik Raja Jin Slempret yang bernama Angga Mendura. Menurut mitos setempat, keberadaan air terjun ini merupakan lokasi pasar jin.

Pada malam-malam tertentu, masyarakat sering mendengar bunyi-bunyian seperti slompret dari arah air terjun itu. Tapi jika sumber suara didekati, suara yang terdengar justru akan menghilang. Karenanya, masyarakat setempat menyebutnya Air Terjun Slempret.

Untuk masuk ke ogjek wisata Air Terjun Sri Gethuk, pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp3000. Selain itu, perlu juga disiapkan Rp5000 untuk tarif sewa perahu per orang, dan Rp2000 untuk menyewa ban apabila ingin bermain air atau berenang di sungai.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons