Wednesday 6 June 2012

Bakpia Pathok Oleh-Oleh Kota Pelajar


Bakpia Pathok merupakan oleh-oleh wajib jika anda berkunjung ke Kota Pelajar, bakpia biasanya diisi dengan kacang hijau, namun baru-baru ini datang dalam tambalan lain juga (misalnya coklat, durian, dan bahkan keju ) . Mereka adalah salah satu Yogyakarta spesialisasi dinamai "pinggiran" di kota ini (Pathok) mana kue-kue manis itu berasal.
Gulungan ini manis mirip dengan bahasa Indonesia yang lebih besar "pia" - yang membedakan hanya ukuran. Mereka secara komersial dikemas dalam kotak kecil dan dijual di toko-toko makanan banyak di Yogyakarta. Bakpia dipengaruhi dan berasal dari gulungan manis Cina.
Bakpia dibuat dengan bahan dasar tepung, kacang hijau dan gula. Rasa dari Bakpia bermacam-macam, ada yang manis, gurih dan berbagai macam rasa lainnya, bergantung pada isi yang ada di dalam kulit bakpia itu sendiri.
Banyak jenis bakpia yang ada di Kota Jogja, salah satunya yang tersohor adalah Bakpia Pathok. Dinamakan Bakpia Pathok karena Pathok adalah nama jalan dimana bakpia-bakpia itu dibuat, saat ini Jalan Pathok sudah berubah nama menjadi Jalan KS. Tubun. Itulah mengapa di setiap kemasan Bakpia Pathok pasti diakhiri dengan angka, seperti Bakpia Patok 25, 39 dan lain-lain. Angka-angka tersebut menggambarkan no rumah dimana bakpia itu dibuat, jadi anda tidak perlu bingung dengan keaslian dari Bakpia Pathok, karena sejatinya, setiap bakpia yang dibuat disana pasti bernama Bakpia Pathok.
Resep Bakpia Pathok
Bahan Kulit :
  • Tepung terigu 100 gram 
  • Garam
  • Minyak Kelapa
Cara Membuat :

  1. Campur tepung terigu bersama garam dan minyak, uleni hingga menjadi adonan yang lembut, tidak lengket dan mudah dipulung.
  2. Potong kecil-kecil sebesar kelereng, masing-masing lebarkan seperti membuat kulit martabak.
Isi :

  • Kacang hijau super tanpa kulit
  • Gula pasir 800 gram
  • Garam secukupnya
Cara Membuat :
  1. Kacang hijau tanpa kulit direndam, kemudian dimasak hingga empuk.
  2. Haluskan kacang hijau, bersama gula pasir dan sedikit garam.
  3. Bentuk menjadi bulatan-bulatan dan siap dibungkus dengan kulit.
  4. Panggang bakpia dalam oven hingga matang berwarna kuning kecoklatan.


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons