Wednesday 13 June 2012

Kawah Putih Gunung Patuha

Kawah Putih Gunung Patuha - berada di kawasan Ciwidey, Bandung Selatan. Yang jelas dataran tinggi Bandung Selatan ini cantik. Begitu banyak inspirasi sudut gambar lahir dari bidikan kamera di kawah putih yang angker dan berwibawa ini yang cocok untuk para pasangan yang ingin melakukan pre wedding Kawah Putih. 

Saat seorang pengembara Belanda bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn  datang di abad 19, penduduk sekitar menyebutnya sebagai tempat dimana arwah para leluhur bersemayam, yang tidak seorangpun berada disana tanpa meregang nyawa, burung pun terbang diatasnya maka akan mati. Pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah. 


Benar bahwa Kawah Putih Gunung Patuha itu berwibawa, karena ketinggiannya dan kesunyiannya. Benar, bahwa Kawah putih itu angker, yang melulu karena fumarol belerang pekat yang harus diperhitungkan pada saat angin berhenti berputar.

Selebihnya Kawah Putih itu adalah tempat dimana titisan surga pernah diturunkan ke bumi, begitu anggun, tenang, menghanyutkan.

Bulan Juli Agustus temperature bisa turun serendah 10 derajat C pada siang hari dan 5 derajat C pada malam hari. Semilir angin membawa pergi kabut pekat uap belerang menjauh. Teriaklah kuat-kuat; konon akan diteruskan echo-nya oleh dinding-dinding padas ke surga. Berkeliling kawah pada saat musim kemarau cukup mudah dilakukan; mencari-cari sudut-sudut pandang terlupakan yang barangkali tercecer dari surga.

Pengunjung tak akan betah berlama-lama diterpa dinginnya angin gunung yang menyelinap ke tulang sumsum. Seruput bandrek di sebuah warung di tempat parkir mampu memberikan rasa hangat di tenggorokan yang kering.

Suasana keheningan di tempat itu akan membawa suasana rileks. Resonansi batin anda dengan alam sekitar mampu mengisi batere kehidupan terisi kembali. Kawah putih Patuha bukanlah satu-satunya tempat yang patut diburu di Ciwidey. Banyak tempat lain disekitarnya yang menyimpan sejuta pesona. 



Daerah sekitarnya adalah sangat berhutan. Ada jalur ke danau yang dikelilingi oleh dinding tinggi dari meringkuk ke sisi kawah Gunung Patuha. Bau belerang yang kuat karena ada cukup banyak uap dan gelembung gas belerang dari danau. Ada trek di sekitar danau dan melalui hutan terdekat termasuk ke puncak Gunung Patuha. Pengunjung dapat berjalan di sekitar area kawah atau duduk di tempat penampungan berbagai. Tanaman lokal tidak banyak ditemukan di dataran rendah di Jawa termasuk Jawa Edelweiss dan Cantigy ( Vaccinium varingifolium). Hewan dan burung yang mungkin termasuk melihat elang, burung hantu, monyet, kancil, dan babi hutan. Panthers, macan tutul dan ular juga kadang-kadang terlihat di hutan terdekat.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons