Thursday 28 June 2012

Nasi liwet Wongso Lemu

Nasi liwet - memang hidangan khas Kota Solo. Menu ini sudah mendarah daging di Kota Bengawan ini.  Terasa lengkap saat disajikan dengan pincuk dari pelepah pisang. Jika Anda berkunjung ke Kota Surakarta, atau sering dikenal dengan sebutan Solo, terasa kurang lengkap sebelum menikmati kelezatan Nasi Liwet. Nasi Liwet adalah masakan yang terdiri dari nasi putih yang dimasak pulen dengan menggunakan santan kelapa dan dilengkapi dengan berbagai jenis sayur dan lauk, seperti sayur sambal goreng labu siam, ayam areh yang disuwir-suwir (diiris-iris) dengan bentuk memanjang, dan telur pindang. 
Nasi liwet Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar,  arah selatan dari gapura masuk Keraton Mangkunegaran.  Walaupun banyak pesaing namun, Nasi Liwet ini yang paling populer.

Makan di sini selalu ditemani oleh penyanyi para sinden perempuan khas Jawa, mereka tidak pernah meminta, namun kebanyakan orang memberikan tips sukarela, karena di samping mereka tampil berdandan, nyanyian ditembangkan cukup merdu dan nyaring. Harganya memang lebih mahal dibanding nasi liwet Yu Sani di Solo Baru, apalagi di emperan jalan Kratonan, namun memang banyak pelanggan dari luar kota datang ke sini jika mampir ke Solo. Apalagi tempat ini pernah diliput oleh sebuah televisi swasta dalam acara kuliner, sehingga makin terkenal. Buka dari sore hingga larut malam.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons