Tuesday 12 June 2012

Ketoprak Jakarta

Ketoprak -  kalau buat orang Jawa merupakan seni pertunjukan sandiwara diatas panggung. Tapi buat orang Jakarta, Ketoprak itu makanan. 

Ketoprak memang unik. Bukan Gado-Gado, bukan Rujak Cingur, bukan Pecel, bukan Tahu Telor. Cara meramunya juga beda. Kalau ada pelanggan datang, bumbu kacang dan bawang putih diolah diatas piring yang bakal disuguhkan ke tamu. Ketoprak yang berasal dari pesisir jawa Barat khususnya daerah betawi Jakarta, lebih sering dikenal sebagai ketoprak Jakarta. Bahan utama ketoprak adalah tahu, tempe, bihun, ketimun, tauge, dengan bumbu saus kacang ditambah sedikit kecap. Biasanya dihidangkan dengan irisan telur dan tambahan kerupuk atau emping melinjo. Cara membuatnya mudah, berikut resep ketoprak Jakarta yang bisa anda coba dirumah.



Bahan:
Toge secukupnya direndam air panas sebentar.
Tahu kuning 4 bh digoreng
Bihun 100 gram di rebus air panas sampai empuk,
Lontong (bila suka)
Kerupuk goreng.
kacang tanah goreng 200 gram
gula merah, garam, bawang putih., cabe rawit/merah
air asam secukupnya.
kecap manis

Bumbu Untuk membuat 1 piring ketoprak;
Haluskan cabe (sesuai selera), tambahkan 1/2 bh bawang putih, garam haluskan
tambahkan kacang tanah haluskan beri gula merah 1 sdm, haluskan beri air asam 1 sdm dan tambahkan air secukupnya lalu aduk rata— berikan toge, potongan tahu, bihun dan lontong bila suka, taburi bawang merah goreng dan kecap manis.  dan sajikan dengan kerupuk diatasnya.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons