Wednesday 6 June 2012

Taman Laut Raja Ampat Terbaik SeDunia

Raja Ampat - Indonesia segera memiliki wisata bawah laut kelas dunia. Kabupaten Raja Ampat yang memiliki wisata bawah laut yang hebat akan menjadi incaran wisatawan mancanegara dan domestik. Surga bawah laut di perairan Papua ini memiliki kekayaan alam yang indah karena 80 persen spesies laut dunia tumbuh dan hidup di Raja Ampat. 

Dalam beberapa tahun terakhir, turis dari mancanegara tidak hanya membicarakan Bali sebagai destinasi wisata di Indonesia. Para wisatawan kini rela jauh-jauh membayar mahal pergi ke sisi timur tanah air, ke kepulauan Raja Ampat. Wahana apa gerangan yang disajikan kepulauan ini? Lengkap.
 
Raja Ampat adalah pecahan kabupaten Sorong sejak 2003. Kabupaten berpenduduk 90 ribu orang ini memiliki 1844 pulau, merujuk pada Survei Bakosurtanal pada tahun 2011. Kepulauan ini terletak di barat laut kepala burung Pulau Papua dan memiliki empat pulau besar yakni Misol, Salawati, Bantata dan Waigeo.
 
Di tahun 2011, jumlah wisatawan yang datang ke Raja Ampat sebanyak sekitar 8400 orang. Dari jumlah itu 8000 di antaranya, merupakan wisatawan mancanegara yang kebanyakan dari benua Eropa, Amerika dan Asia, sedangkan sisanya pelancong tanah air. Maklum, untuk ke Raja Ampat wisatawan harus merogoh kocek dalam-dalam dengan kisaran 20-30 juta rupiah.


Kabupaten Raja Ampat letaknya terpencil di Papua Barat. Kawasan ini menyimpan sejuta keindahan bawah laut. Wisata bahari Raja Ampat dikenal sebagai salah satu dari 10 wisata menyelam terbaik di dunia. Pesona dan kekayaan alam bawah laut, menjadi andalan Kabupaten Raja Ampat menembus persaingan dunia pariwisata di Indonesia dan dunia. Kawasan ini dikenal sebagai pusat sumber daya alam tropis terkaya di dunia. Raja Ampat adalah kabupaten baru di Indonesia. Wilayah yang terletak terpencil di Papua Barat ini baru berusia tujuh tahun. Bahkan, infrastrukturnya belum memadai. Untuk mencapai Raja Ampat, wisatawan harus terbang ke Sorong kemudian menyusuri laut sejauh 71 km untuk tiba di Raja Ampat.

Gugusan pulau-pulau yang dikenal dengan sebutan the four king ini memiliki formasi karst (batu kapur) yang tiada duanya dipadu dengan kehadiran buruk-buruk langka seperti Cenderawasih Merah, Cenderawasih Wilson, serta Maleo Waego.
 
Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang Pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sementara itu, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.
Dalam perjalanan sejarah, wilayah Raja Ampat telah lama dihuni oleh masyarakat bangsawan dan menerapkan sistem adat Maluku. Dalam sistem ini, masyarakat skumpulan manusia. Tiap desa dipimpin oleh seorang Raja. Semenjak berdirinya lima Kesultanan muslim di Maluku, Raja Ampat menjadi bagian klaim dari Kesultanan Tidore. Setelah Kesultanan Tidore takluk dari Belanda, Kepulauan Raja Ampat menjadi bagian klaim Hindia-Belanda.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons