Friday 8 June 2012

Belalang Goreng Makanan Lezat Gunung Kidul

Belalang Goreng - Mungkin inilah makanan yang paling khas dari Gunungkidul. Ya, belalang goreng merupakan makanan unik yang sulit ditemui di daerah lain. Belalang goreng dapat dijadikan lauk maupun camilan ketika santai. Tersedia dalam rasa manis maupun gurih, belalang goreng dapat bertahan cukup lama di dalam toples maupun plastik pembungkus yang tertutup rapat.

Belalang memang banyak dijual di wilayah Gunung Kidul. Kalau kita berkunjung ke sana, kita bisa temukan para pedagang mangkal di beberapa tempat untuk menjajakan binatang yang suka meloncat-loncat ini. Sebut saja di daerah Paliyan dekat Saptosari, sewaktu kita akan berkunjung ke Pantai Ngrenehan atau Pantai Baron. Persis di depan tempat yang sering dipakai untuk latihan tentara, di sana bisa kita temukan para penjual belalang ini. Tempat lainnya adalah di wilayah Semanu. Kabarnya juga ada di tempat lain, tapi hanya di kedua daerah ini yang pernah aku lihat secara langsung. Biasanya mereka berjualan dengan cara menggantungkan rentengan  belalang yang masih hidup, ditusuk dalam satu potongan bambu atau tali rafia pada kayu atau pada sepeda onthelnya.


Banyak sekali kita menjumpai belalang goreng di daerah Kabupaten Gunung kidul, Yogyakarta.Oleh sebagian masyarakat Gunung kidul yang kreatif, belalang dimanfaatkan sebagai bahan makanan, camilan, dan lauk pauk. Soal rasa, belalang goreng tak kalah enaknya dengan makanan lain pada umumnya.


Anda bisa mendapatkan oleh-oleh khas ini, Sri Sutarti yang mulai menjadikan belalang goreng sebagi usaha. Ia membuka warung yang lebih fokus berjualan ‘Belalang Goreng’ di Terminal Wonosari, Gunung Kidul. Belalang Goreng di warung ini disajikan dengan sambal bawang, siapa sangka ini merupakan perpaduan yang sangat cocok. Tersedia beberapa jenis sayur juga menemani Belalang Goreng, seperti sayur lodeh, oseng-oseng dan lainnya atau silahkan mampir di Thiwul Yu Tum, Jl. Pramuka no.36 Wonosari, tepatnya di sebelah timur Balai Desa Wonosari.  


Belalang ini punya kandungan protein yang tinggi. Bahkan, lebih tinggi dari makanan penghasil protein lain seperti udang, telur ayam, daging ayam bahkan daging sapi. Cocok untuk dijadikan alternatif memenuhi kebutuhan protein yang murah meriah.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons