Tuesday 12 June 2012

Candi Bulu Tempat Tirakat

Candi Bulu - berada di kawasan Kaliworo A ditengah - tengah hutan bambu, candi yang memiliki daya tarik sendiri bagi para ziarah atau yang ingin melakukan tirakat. Candi yang terletak di Dukuh Kulon Kepanjen, Desa Sukorini, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten.


Dulunya candi ini dijaga oleh Mbah Darso , hanya saja karena usianya sudah sepuh candi ini tidak ada yang menjaga, walaupun tidak ada yang menjaga candi ini terawat. Candi yang sudah berusia ratusan tahun dianggap keramat.Bahkan banyak orang, bahkan dari Singapura datang untuk tirakat atau serisih di candi ini. Parapeziarah melakukan ziarah atau tirakat pada malam selasa kliwon atau malam jum'at kliwon.

Candi ini berbentuk makam, selain itu, juga ada sebuah kijing. Sehingga banyak juga orang yang berziarah, ada juga yang mencari pusaka. Disamping itu juga ditemukan sesajen.

Pernah ada suatu cerita tentang candi ini dimana suatu hari bagian dari candi ini terbawa oleh truk penggali pasir namun anehnya batu itu bisa kembali ketempat semula.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons