Wednesday 6 June 2012

Pantai Nampu Wonogiri

Pantai Nampu - Wonogiri yang terletak di selatan kota Solo yang termasuk karsidenan Surakarta daerah pegunungan yg terkenal dengan julukan kota Gaplek dan Baksonya ternyata memiliki keindahan alam tersendiri yaitu Pantai Nampu. Secara geografis, Pantai Nampu berada di sisi Selatan Kabupaten Wonogiri. Pantai Nampu berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.


Pantai Nampu berada di kabupaten Wonogiri. Tepatnya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Pantai ini berjarak kurang lebih 70 KM selatan kota Wonogiri. Pantai Nampu adalah pantai pasir putih dengan ombak yang indah. Pantai Nampu adalah pantai di daerah pesisir selatan Jawa, yakni di kawasan samudera Indonesia. Pantai Nampu belum banyak di kenal masyarakat dari luar daerah. Hal ini menjadikan pantai Nampu menjadi pantai yang bisa dikatakan masih alami dan perawan dibanding pantai laut selatan lainnya seperti Parangtritis, Wedi Ombo, Krakal, Kukup, Baron, Teleng Ria dan lain-lain.


Jika ditempuh dari Kota Kecamatan Pracimantoro kerusakan jalan dapat dirasakan mulai dari Kecamatan Pracimantoro sampai ke Giritontro. Sedangkan jika ditempuh dari Baturetno kerusakan akan diketahui mulai dari Giriwoyo sampai ke Giritontro. Sementara jalan dari Giritontro ke Paranggupito juga relative sempit, banyak tikungan, tanjakan dan turunan tajam dan curam. Namun demikian pemandangan pepohononan jati yang tumbuh diantara bebatuan kars khas Wonogiri sisi selatan dapat menyuguhkan pengalaman tersendiri.
Daya tarik yang pantas dibanggakan Pantai Nampu pantainya berpasir putih, bersih dan Alami. Potensi wisata yang cukup menarik pengunjung tidak hanya di hari libur tetapi hari-hari biasa. Hanya saja, Pantai Nampu tampak tidak direspon positif. Buktinya tidak ada fasilitas yang memadai sebagai Wahana Wisata Bahari.
Pantai Nampu belum banyak di kenal wisatawan karena akses transportasi ke pantai ini memang perlu diperbaiki. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai Nampu juga dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi karena belum ada transportasi umum dari kota menuju pantai.
Jalan menuju Pantai Nampu sudah aspal tapi kita memang sedikit hati-hati karena jalannya tidak begitu lebar dan jalan yang berliku-liku. Sampai di Nampu, terdengar deburan ombak yang begitu kencang dan angin yang membuat segera ingin turun untuk menyentuh air. Pantai yang indah dengan ombak yang lumayan besar,hamparan pasir putih yang indah,serta jika air surut terlihat karang-karang yang menghiasi di dasar dan dipinggir pantai.
Pantai Nampu terlihat belum dikelolla secara maksimal jika di kelola dan dikembangkan Pantai Nampu akan menjadi tempat wisata yang bisa menjadi andalan di wonogiri, yang bias jg membantu membrikan pekerjaan bagi penduduk setempat yang mayoritas berpencaharian sebagai petani.
Untuk dapat mencapai lokasi obyek wisata Pantai Nampu saat ini  hanya dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi, karena belum terdapat angkutan umum menuju lokasi pantai, selain itu pengunjung juga  harus ekstra hati-hati, pasalnya jalan menuju lokasi sempit dan melewati perbukitan, dengan turunan,tanjakan dan tikungan tajam

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons