Wednesday 27 June 2012

Pantai Ngobaran Kutanya Gunung Kidul

Pantai Ngobaran - menawarkan sebuah keindahan dalam pluralisme lingkungannya. Ombak-ombak nan ramah memberikan kesejukan bagi rumput-rumput laut (alba) yang bersemayam di sana. Seperti Wisata Gunung Kidul lainnya, belum banyak yang tahu tentang obyek wisata pantai ini. Sebenarnya, tidak susah untuk menjangkau Pantai Ngobaran

Pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta memiliki pemandangan unik yang berbeda dari pantai - pantai pada umumnya. Jika dalam keadaan surut pengunjung dapat melihat hamparan rumput laut yang berwarna hijau dan cokelat. Layaknya pemandangan hijau di persawahan jika dilihat dari atas pantai. Terdapat beberapa jenis binatang laut di pantai ini diantaranya bintang laut, landak laut, dan kerang - kerangan.


Pantai ini memiliki keunikan tersendiri karena terdapat Pura dan beberapa bangunan yang bernuansa Hindu. Kawasan wisata ini memang belum banyak disadari oleh para wisatawan akan kecantikannya, hal itu membuat Anda akan merasakan berada di private beach. Terkecuali pada hari libur, Pantai Ngobaran cukup ramai dikunjungi para penikmat alam.
Di pantai ini juga berkembang mitos bahwa Raden Brawijaya melakukan Muksa, ketika anda terus menyusuri jalan setapak yang ada di depan Joglo, anda akan menemukan sebuah kotak batu yang ditumbuhi tanaman kering. Tanaman tersebut dipagari dengan kayu berwarna abu-abu. Titik dimana ranting kering ini tumbuh konon merupakan tempat Brawijaya V berpura-pura membakar diri. Langkah itu ditempuhnya karena Brawijaya V tidak mau berperang melawan anaknya sendiri, Raden Patah (Raja I Demak).
Kebenaran cerita tentang Brawijaya V ini kini banyak diragukan oleh banyak sejarahwan. Sebabnya, jika memang Raden Patah menyerang Brawijaya V maka akan memberi kesan seolah-olah Islam disebarkan dengan cara kekerasan. Banyak sejarahwan beranggapan bahwa bukti sejarah yang ada tak cukup kuat untuk menyatakan bahwa Raden Patah melakukan penyerangan.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons