Tuesday 5 June 2012

Indahnya Pantai Pangandaran

Pantai Pangandaran - objek wisata yang merupakan primadona pantai di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran dengan jarak ± 92 km arah selatan kota Ciamis.Pantai ini dinobatkan sebagai pantai terbaik di Pulau Jawa menurut Asia Rooms. Selain dengan keindahan pantainya, paantai Pangandaran juga memiliki beberapa keistimewaan lainnya. Berikut hal yang anda akan dapatkan apabila mengunjungi Pantai ini :


  • Dapat melihat terbit dan tenggelamnya matahari dari satu tempat yang sama.
  • Pantainya landai dengan air yang jernih serta jarak antara pasang dan surut relatif lama sehingga memungkinkan kita untuk berenang dengan aman.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putih.
  • Memiliki tim penyelamat wisata pantai.
  • Jalan lingkungan yang beraspal mulus dengan penerangan jalan yang memadai.
  • Terdapat taman laut dengan ikan-ikan dan kehidupan laut yang mempesona.
  • Tempat pendaratan tentara Jepang semasa perang dunia II oleh karenanya di sana masih terdapat beberapa gua pertahanan bala tentara Jepang yang dulu dijadikan tempat-tempat persembunyian tentara Jepang yang berniat menyerang tentara Belanda.
Dengan adanya faktok-faktor penunjang tadi, maka wisatawan yang datang di Pangandaran dapat melakukan kegiatan yang beraneka ragam: berenang, berperahu pesiar, memancing, keliling dengan sepeda, para sailing, jet ski dan lain-lain.

Selain bermain dan menikmati suasana pantai. Kita juga bisa melihat Cagar Alam Pangandaran, yang menyimpan pesona dengan luas kurang lebih 1000 hektar memiliki flora maupun fauna yang sulit ditemukan seperti bunga  Raflesia Padma, banteng, rusa dan berbagai jenis Kera. Disini juga ada berbagai Gua yang secara alami maupun buatan seperti: Gua Panggung, Gua Parat, Gua Sumur Mudal, Gua Lanang dan Gua Jepang, selain itu juga terdapat air Rengganis, dan Taman Laut. Di dalam gua alam terdapat stalaknit-stalakmit alam dengan bentuk yang aneh. Kita bisa melihat bentuk paha ayam dan ada juga batu kelamin, yang konon siapa yang menyentuhnya dapat memberikan jodoh, ada juga karang yang dipukul akan berbunyi. Juga terdapat batu Kristal yang berkelap-kelip, ada juga batu yang mirip dengan Onta, kepala Gajah. Di dekat Pantai Pangandaran terdapat Green Canyon, Pantai Karang Nini, dan Pantai Batu Hiu.

Adapun acara tradisional yang terdapat di sini adalah Hajat Laut, yakni upacara yang dilakukan nelayan di Pangandaran sebagai perwujudan rasa terima kasih mereka terhadap kemurahan Tuhan YME dengan cara melarung sesajen ke laut lepas. Acara ini biasa dilaksanakan pada tiap-tiap bulan Muharam, dengan mengambil tempat di Pantai Timur Pangandaran. 

Event pariwisata bertaraf internasional yang selalu dilaksanakan di sini adalah Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli. 

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons